Diberdayakan oleh Blogger.

Random post

Test Footer

Facebook

Template information

Cara Membuat Server Wifi Hotspot sendiri Dirumah Dengan LINUX

Ingin membuat hotspot sendiri dirumah, anda bisa membuatnya sendiri. Yang anda butuhkan hanyalah sebuah pc/netbook, sistem operasi linux (pclinuxos), dan router wifi.



Dalam contoh ini peralatan spesifik yang saya gunakan.
1. Notebook celeron, dengan vga s3 via unichrome.
2. PCLinuxOS 2009 dengan paket shorewall didalamnya, anda juga bisa menggunakan pclinuxos 2012 versi lxde atau openbox saja agar tidak terlalu berat, dan jangan lupa install paket tambahan shorewall jika belum. (unduh di http://www.pclinuxos.com)
3. Router Wifi, saya menggunakan SMC WBR14-G2 Barricade, dengan 4 port LAN, dan 1 WAN.
4. Modem 3g/evdo, Saya menggunakan Xstream EVDO.
Pemasangan kabel.
1. Pasang usb xstream EVDO ke PC
2. Pasang kabel Lan ke pc dan disambungkan ke port wan di Router SMC.

Koneksi PC di server.

1. Pastikan modem sudah terkoneksi di PCLinuxOS (dalam contoh ini koneksi nya menggunakan ppp0)
2. Buka configure your computer lalu masuk ke Network & Internet, klik set up a new network interface (LAN, ADSL..), Pilih Wired (Ethernet), Pilih interface yang terdeteksi. Lalu next. Lalu pilih manual configuration. Isi IP Adress, netmask, gateway kosongkan saja, dns google. Seperti ini.


Jika sudah centang saja allow users to manage the connection. Lalu next, pilih no, next & finish.
3. Buka configure your computer di pclinuxos, masuk security, lalu pilih set up your personal firewall. Klik OK saja, Lalu Ok kembali. Uncheck eth0, eth0 adalah port kabel Lan ke WAN router . Sesuaikan saja dengan yang anda gunakan saat setup wired dilangkah ke 2





4. Langkah selanjutnya adalah ke network & internet, pilih share the internet connection with other local machines. Next-next saja, pada net devices pilih (dalam contoh ini) ppp0 (karena saya menggunakan usb modem). Jika sudah next, nanti interface ethernet yang sudah diconfigurasi pada langkah ke 2&3 sudah muncul. Selanjutnya set ip, dalam contoh seperti ini saja.



Next, uncheck use this gateway isi saja dengan dns google, next, uncheck automatic configuration dhcpcd  (karena manual), squid  uncheck lagi, sama print broadcasting pilih no. Klik next saja sampai finish.
Selanjutnya adalah konfigurasi router SMC. Buka PC Client, lalu akses hotspot ke SMC, lalu buka alamat ip adminnya.
192.168.2.1 password standar smcadmin



Selanjutnya langsung masuk setup wizard. Masuk ke langkah Wireless settings. Isikan nama hotspot, lalu jika wifi hotspot anda ingin private klik saja disable pada broadcast wireless network name.





Lalu pada internet settings, pilih fixed IP xDSL, lalu input IP address WAN (192.168.1.x) x terserah anda, subnet seperti dibawah ini, lalu gateway seperti ini, karena eth0 diatas diset IP 192.168.1.100, maka disi sesuai ip eth0, lalu jangan lupa isi dns 8.8.8.8




Jika sudah, router akan restart, wifi anda sudah siap untuk berbagi internet, agar lebih secure, pada bagian pengaturan akses wifi ubah menjadi wpa2. Dan gunakan password “Super Alay” agar tidak mudah dijebol oleh “penjahat wifi”. Misalny $$##J38*Ln!hp4s$w012d6u3n1h##$$




Bagaimana dengan router merk lain, pada dasarnya hanya mengatur pada ip statik, cari saja menu tersebut. Lalu tinggal diset ip, mask, gateway, dan dns selesai.

sumber : www.cidtux.net 
Title : Cara Membuat Server Wifi Hotspot sendiri Dirumah Dengan LINUX
Description : Ingin membuat hotspot sendiri dirumah, anda bisa membuatnya sendiri. Yang anda butuhkan hanyalah sebuah pc/netbook, sistem operasi linux...

0 Response to "Cara Membuat Server Wifi Hotspot sendiri Dirumah Dengan LINUX "

Posting Komentar